Revo Support
sepuluhdua

advertisement   advertisement   advertisement

Toko Kentongan
Kiswara
Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 29

Cara Baca urutan kaki IC BGA

This is a discussion on Cara Baca urutan kaki IC BGA within the Elektronika Handphone forums, part of the Elektronika category; Sebelumnya mohon maaf, mudah-2 an tidak salah kamar. Aku masih cukup awam dalam hal bongkar pasang handphone, jadi mohon petunjuk ...

  1. #1
    Full Member WONGBAGUS's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jogjakarta
    Posts
    194
    Thanks
    67
    Thanked 81 Times in 29 Posts
    Rep Power
    6

    Question Cara Baca urutan kaki IC BGA

    Sebelumnya mohon maaf, mudah-2 an tidak salah kamar.
    Aku masih cukup awam dalam hal bongkar pasang handphone, jadi mohon petunjuk dari para master di sini. Ceritanya gini, aku coba angkat ic bga, karena masih kurang terampil ternyata ada kaki di board yang ikut terangkat/lepas ( maklum masih newbie ).
    Yang jadi pertanyaanku : bagaimana cara baca urutan kaki ic bga dari titik 1,2,3 dst. tentunya agar kaki yang ikut terangkat bisa di jumper dengan komponen lain.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih, semoga para master berkenan memberikan pencerahan.

  2. Asisten VRE
    Kiswara Modem
  3. #2
    Full Member usil_gaul's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Posts
    182
    Thanks
    33
    Thanked 92 Times in 28 Posts
    Rep Power
    7

    Default Re: Cara Baca urutan kaki IC BGA

    dimulai dari tanda titik di ic bga... biasanya ada tanda di salah satu sudut tiap ic bga dan pemasngannya tdk boleh dirubah posisinya. sebelum lepas ic bga dilihat dulu posisi titknya di bagian mana? (kanan atas ato kanan bawah... dlll). trus klo bacanya biasanya ada di buku schematik booss. krn tiap buku kadang lain lain standar koordinatnya. mohon koreksi kl ada yg salah...

  4. The Following User Says Thank You to usil_gaul For This Useful Post:


  5. #3
    Full Member alirosidialirosidi's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    masaran
    Posts
    80
    Thanks
    107
    Thanked 8 Times in 7 Posts
    Rep Power
    6

    Default Re: Cara Baca urutan kaki IC BGA

    Quote Originally Posted by WONGBAGUS View Post
    Sebelumnya mohon maaf, mudah-2 an tidak salah kamar.
    Aku masih cukup awam dalam hal bongkar pasang handphone, jadi mohon petunjuk dari para master di sini. Ceritanya gini, aku coba angkat ic bga, karena masih kurang terampil ternyata ada kaki di board yang ikut terangkat/lepas ( maklum masih newbie ).
    Yang jadi pertanyaanku : bagaimana cara baca urutan kaki ic bga dari titik 1,2,3 dst. tentunya agar kaki yang ikut terangkat bisa di jumper dengan komponen lain.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih, semoga para master berkenan memberikan pencerahan.
    maaf jg kl ad yg slh.aku tau dkit tntang bc ic .tp aku lambt ketik2 kybord ,maklum gk biasa ngetik.sms aj ke 085293498345.maaf bos


  6. #4
    Full Member WONGBAGUS's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jogjakarta
    Posts
    194
    Thanks
    67
    Thanked 81 Times in 29 Posts
    Rep Power
    6

    Default Re: Cara Baca urutan kaki IC BGA

    O.. gitu ya . Jadi perlu buku skematik. Ok deh klo gitu, aku coba gogling skematiknya.
    And trimakasih atas bantuannya. Tak coba dulu entar klo dah ok aku kabari lagi

  7. #5
    Freak Member purwanto's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    soerabadja
    Posts
    2,022
    Thanks
    500
    Thanked 4,272 Times in 649 Posts
    Rep Power
    53

    Default Re: Cara Baca urutan kaki IC BGA

    Menambahkan...
    Dari tanda titik di salah satu sudut ic:
    Dari kiri ke kanan A B C D...dst
    Dari bawah ke atas 1 2 3 4...dst
    Tinggal dicari posisi kaki yg mana yg mo dijumper misal B5 cari di skematik jalur B5 ke xx...
    Silakan dikoreksi jika salah.

    aa-pulsajaya

  8. #6
    Freak Member purwanto's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    soerabadja
    Posts
    2,022
    Thanks
    500
    Thanked 4,272 Times in 649 Posts
    Rep Power
    53

    Default Re: Cara Baca urutan kaki IC BGA

    Asumsi tanda titik ic di kiri bawah dan cara membacanya seperti diatas.

  9. #7
    Full Member WONGBAGUS's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jogjakarta
    Posts
    194
    Thanks
    67
    Thanked 81 Times in 29 Posts
    Rep Power
    6

    Default Re: Cara Baca urutan kaki IC BGA

    Banyak thank, atas semua petunjuknya. Sangat membantu bagi new bie.

  10. #8
    Full Member jowei's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Sumatera
    Posts
    197
    Thanks
    3
    Thanked 145 Times in 46 Posts
    Rep Power
    7

    Default Re: Cara Baca urutan kaki IC BGA

    mungkin lain kali harus lebih panas aj dulu ,, tes di goyang pakai pinset ., apakah dah benar2 mantap untuk di angkat !!.. bagaimana pun kalau mau baca buku jalur hanya ada di buku schematic handpone

  11. #9
    Advance Member inunx's Avatar
    Join Date
    Nov 2006
    Location
    Jepara
    Posts
    574
    Thanks
    44
    Thanked 611 Times in 150 Posts
    Rep Power
    12

    Default Re: Cara Baca urutan kaki IC BGA

    Quote Originally Posted by purwanto View Post
    Menambahkan...
    Dari tanda titik di salah satu sudut ic:
    Dari kiri ke kanan A B C D...dst
    Dari bawah ke atas 1 2 3 4...dst
    Tinggal dicari posisi kaki yg mana yg mo dijumper misal B5 cari di skematik jalur B5 ke xx...
    Silakan dikoreksi jika salah.
    harus diinget !!!
    tidak semuanya huruf (bukan angka) dibaca semua.... ato ada yang gk kepakai...
    liat sendiri terus apalin ya.... contoh: huruf O, dan ada banyak lagi....

  12. The Following User Says Thank You to inunx For This Useful Post:


  13. #10
    Beginner Member
    Join Date
    Jun 2007
    Posts
    5
    Thanks
    6
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    0

    Default Re: Cara Baca urutan kaki IC BGA

    sedikit nambahi tanda titik adalah no a1, pd tampak board jika a1 di kiri atas maka, utk kiri kebawah adalah huruf a b c... dst kecuali huruf i o q s dan x tidak dipakai ato dilewati, utk kiri kekanan adalah angka 1 2 3 4 dst...mohon koreksi jika salah...

  14. #11
    Full Member WONGBAGUS's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jogjakarta
    Posts
    194
    Thanks
    67
    Thanked 81 Times in 29 Posts
    Rep Power
    6

    Default Re: Cara Baca urutan kaki IC BGA

    Siiip trima kasih atas penjelasannya. ternyata ada juga huruf yang gak kepake ya. musti banyak belajar nih.

  15. #12
    Beginner Member
    Join Date
    Jan 2009
    Posts
    12
    Thanks
    0
    Thanked 1 Time in 1 Post
    Rep Power
    0

    Default Re: Cara Baca urutan kaki IC BGA

    manteb bos tanks


  16. #13
    rif
    rif is offline
    Beginner Member
    Join Date
    Dec 2007
    Posts
    23
    Thanks
    31
    Thanked 12 Times in 9 Posts
    Rep Power
    0

    Default Re: Cara Baca urutan kaki IC BGA

    oh gitu ia,,titiknya a1, klo searah jarum jam pke angka, kebalikannya pke abjad. bukan bgitu bos?
    tx infonya..

  17. #14
    Full Member ab jj's Avatar
    Join Date
    Jun 2009
    Posts
    72
    Thanks
    12
    Thanked 25 Times in 18 Posts
    Rep Power
    5

    Default Re: Cara Baca urutan kaki IC BGA

    infonya mantap,,,,,,,,!
    ada yang punya gambarnya nga?
    biar lebih jelas!

  18. #15
    Super Moderator sarassoft's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    283
    Thanks
    10
    Thanked 840 Times in 92 Posts
    Rep Power
    13

    Default Re: Cara Baca urutan kaki IC BGA

    Silahkan mas, barangkali membantu.

    Trima kasih.




    c.u. soon,

    micromedia
    .
    Attached Thumbnails Attached Thumbnails RF-IC-HAGAR-3.jpg   HAGAR.jpeg   Djawir.jpg  

  19. The Following 8 Users Say Thank You to sarassoft For This Useful Post:


  20. #16
    New Member
    Join Date
    Mar 2007
    Posts
    3
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    0

    Default Re: Cara Baca urutan kaki IC BGA

    thanks penjelasannya bos

  21. #17
    Beginner Member
    Join Date
    May 2009
    Posts
    10
    Thanks
    1
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    0

    Default Re: Cara Baca urutan kaki IC BGA

    nambah ilmu nih thnx

  22. #18
    Beginner Member dhenmas's Avatar
    Join Date
    Jul 2009
    Location
    Sragen, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia
    Posts
    66
    Thanks
    98
    Thanked 17 Times in 12 Posts
    Rep Power
    5

    Default Re: Cara Baca urutan kaki IC BGA

    thanks master.....tambah mudeng skarang

  23. #19
    Advance Member ndeso cell's Avatar
    Join Date
    Jun 2009
    Posts
    355
    Thanks
    190
    Thanked 92 Times in 45 Posts
    Rep Power
    6

    Default Re: Cara Baca urutan kaki IC BGA

    posisi board waktu hitung pin gak boleh dirubah ya bos..apa harus pada posisi normalnya,kalo titik a1 di posisi kanan bawah gimana hitungya mau cari pin upp 1110i susah banget nih..

  24. #20
    Advance Member alam_x15's Avatar
    Join Date
    Dec 2007
    Posts
    615
    Thanks
    134
    Thanked 248 Times in 151 Posts
    Rep Power
    9

    Default Re: Cara Baca urutan kaki IC BGA

    advertisement
    Klo cara baca emif lcd,simcard.keypad dll yg imut2 sama juga gak bos

Page 1 of 2 12 LastLast
Selular 88

Similar Threads

  1. Benq E61 gak baca mmc
    By boam in forum Benq-Siemens Hardware
    Replies: 6
    Last Post: 22nd March 2010, 20:28
  2. MMC N-GAGE ga ke baca...
    By dara dalta m in forum WD2 & APE
    Replies: 2
    Last Post: 3rd October 2008, 09:27
  3. jalur kaki ic keypad putus
    By black japra in forum Sony Ericsson
    Replies: 0
    Last Post: 28th September 2008, 21:32
  4. N73 gak baca mmc
    By Ardhie Adhanie in forum Nokia Hardware
    Replies: 5
    Last Post: 17th June 2008, 09:16